0
25 Mar
Dikirim pada 25 Maret 2009 di Sketsa Hidup

SYUKUR NIKMAT

Allah tidak akan menganugerahkan syukur kecuali dengan bersyukur maka akan ditambahkan nikmat”
Apakah itu nikmat ? Nikmat adalah apa-apa yang diberikan dari sisi Allah SWT baik yang nampak ataupun tersembunyi.  Jadi nikmat dapat dibagi menjadi 2 kategori, yaitu :

1.     Nikmat yang bersifat materi. Yaitu nikmat yang dapat dilihat / nampak dan dapat kita rasakan. Seperti nikmat makanan, pakaian, rumah, mobil, dsb.

2.     Nikmat yang bersifat non materi. Yaitu nikmat yang tidak terlihat/ tidak nampak tapi dapat kita rasakan.  Seperti nikmat semilir angina, nikmat bisa kentut, nikmat sehat, dsb.

 

Lalu mengapa kita harus bersyukur atas nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada kita ? Ada 4 alasan mengapa kita harus bersyukur, antara lain :

1.     Syukur adalah perintah Allah SWT atas hamba Nya, seperti tertera dalam Surat Al Baqoroh ayat 152, “Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu.* Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”

*Aku limpahkan rahmat dan ampunan kepadamu.

2.     Karena nikmat yang diberikan pasti akan dihisab, seperti tertera dalam Surat At Takatsur ayat 8, “Kemudian kamu akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan (yang megah di dunia itu)

3.     Setiap kenikmatan yang kita terima mengandung konsekuensi, seperti tertera dalam Surat Ibrahim ayat 7, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat’ “

4.     Allah SWT sampai mengingatkan hamba-Nya berkali-kali (31x)untuk tidak mendustakan nikmat-Nya, seperti tertera dalam Surat Ar Rahman  sebanyak 31x “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”

Mengapa Allah SWT sampai mengingatkan berkali-kali seperti itu? Karena ternyata sangat sedikit sekali dari hamba Allah SWT yang pandai bersyukur.

 

Kajian Muslimah Rabu, 25 Maret 2009 by Ustadz Fuad Muhsin

 



Dikirim pada 25 Maret 2009 di Sketsa Hidup
comments powered by Disqus
Profile

Suka explore hal baru, cinta keluarga & senang bersilaturahmi dg orang2 baik. More About me

Page
ticker
    Daisypath Anniversary Years PicDaisypath Anniversary Years Ticker
Chat dengan 3rlin
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 966.897 kali


connect with ABATASA