close
close
0
Dikirim pada 13 Maret 2009 di Tips

Tips : Mengatasi Anak Susah Makan

 

Berkaca dari pengalaman pribadi ketika anak saya susah makan di waktu umurnya 1th.  Berbagai referensi buku dibaca, tanya dokter, orang tua, tetangga , teman-teman, browsing di internet cari tips praktis mengatasi anak susah makan.  Akhirnya juga resepnya kita yang ramu sendiri sesuai kebutuhan anak. 

  1. VARIATIF

Kebetulan waktu anak saya sama sekali gak mau makan nasi, sukanya mie goreng. Maka untuk menjaga keseimbangan asupan gizinya, saya siasati dengan memvariasikan jenis karbohidrat (nasi, gandum, mie, pasta, havermut, kentang, ubi, dll) tanpa mengabaikan makanan kesukaan anak. Boleh makan mie goreng tapi tidak setiap saat, kalo toh mie goreng itu juga bukan instant dan ditambah sawi, kol, wortel, buncis, ayam suwir, baso, sosis, daun bawang, tomat. Pokoknya komplit karbohidrat, protein dan vitamin.  

  1. DO NOT FORCE

Selain itu juga yang perlu diingat adalah ketika anak tidak mau makan, jangan dipaksa. JANGAN PERNAH DIPAKSA!! Bukankah kita ingin menciptakan suasana makan itu menyenangkan agar anak berselera makan, jangan sampai ketika tiba waktu makan anak malah horror alias takut makan yang bisa terbawa sampai dia besar nanti.

  1. NICE SERVING

Ada juga yang menyarankan untuk membuat penyajian makanan secara menarik, baik dari tempatnya juga makanan itu sendiri,  Dibentuk senyum, gambar hewan kesukaan, gelas dan pring/mangkoknya ceria dan berwarna.

  1. MAKE IT FUN

Ciptakan suasana makan yang nyaman, asyik, dan berselera.  Minimal dengan cara makan bersama keluarga.  Sehingga anak dapat melihat secara langsung bagaimana anggota keluarga lain lahap makan.  Ketika anak belum mau makan, berikan alternative makanan/camilan yang lain.

 

Berikut resep makanan kesukaan anak saya ketika berumur 1 th :

  1. Kentang rebus siram opor ayam

      Kentang dikupas, cuci, kemudan dikukus.  Hancurkan kentang di mangkok sampai lembut, siram dengan kuah opor ayam yang daging ayamnya telah disuwir-suwir dan telah ditambahkan sayur buncis dan wortel.

  1. Orak arik telur, kentang & wortel

      Potong kentang dan wortel bentuk dadu.  Kukus sampai empuk.  Sementara itu tumis bawang putih cincang dg mentega, tambahkan daun bawang masukkan telur diorak arik. Terakhir masukkan kentang&wortel yang telah dikukus. Tambahkan gula dan garam.

  1. Omelet nasi dan sayuran

      Kocok telur ayam, masukkan nasi dan sayuran yang telah dipotong kecil-kecil (wortel, daun bawang, brokoli, buncis) tambahkan daging cincang. Goreng kecil-kecil.

  1. Nasi goreng  tahu telor

      Tumis bawang putih cincang, masukkan daun bawang iris kecil, tahu bejek, wortel potong kecil, masukkan telur yg telah dikocok.  Aduk sampai ngaguruntul tambahkan nasi. Aduk sambil di tambah garam dan kecap.

 

 

 



Dikirim pada 13 Maret 2009 di Tips
comments powered by Disqus
Profile

Suka explore hal baru, cinta keluarga & senang bersilaturahmi dg orang2 baik. More About me

Page
ticker
    Daisypath Anniversary Years PicDaisypath Anniversary Years Ticker
Chat dengan 3rlin
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 914.496 kali


connect with ABATASA